Kamis, 28 Mei 2009

PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

TAHAPAN DALAM PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Oleh : Husnil Kirom (20082013001)

Sebagai berikut :

Rincian pelaksanaan kegiatan pembelajaran Snowball Throwing di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Indralaya Utara secara lengkap sebagai berikut:
 Perkenalan dan absensi (3)
 Apersepsi berupa tanya jawab materi (2)
 Penjelasan singkat materi yang akan dipelajari berupa pengayaan (2)
 Mempersilahkan bertanya kepada semua siswa (1)
 Membagi kelas menjadi 6 kelompok belajar dengan ketentuan bahwa kelompok 1, 4, 6 beranggotakan 6 orang, sedangkan kelompok 2, 3, 5 beranggotakan 5 orang (jumlah siswa keseluruhan adalah 33 orang) (2)
 Menentukan ketua kelompok masing-masing dan menyuruh duduk dalam segi empat sesuai dengan kelompoknya (2)
 Memanggil ketua kelompok masing-masing (1)
Ketua Kelompok 1 : Aris Munandar
Ketua Kelompok 2 : Hamzal Adi Putra
Ketua Kelompok 3 : M. Gio Sefi Ardiansyah
Ketua Kelompok 4 : Medy Dwi Saputra
Ketua Kelompok 5 : Rindianno
Ketua Kelompok 6 : Sumiyati
 Menjelaskan materi yang akan didiskusikan dalam kelompok kepada Ketua Kelompok masing-masing. Adapun materinya tentang:
C. Bentuk-bentuk menyampaikan pendapat di muka umum (3)
D. Tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar (2)
 Masing-masing ketua tadi kembali ke kelompoknya dan menjelaskan ulang materi yang telah diperoleh dari guru (5)
 Berikutnya, guru membagikan kertas kerja yang harus diisi di kanan atas tentang kelompoknya, nama, satu buah pertanyaan untuk kelompok lain (1)
 Mempersilahkan semua siswa dalam kelompok membuat satu pertanyaan untuk anggota kelompok lain yang akan dilempar nantinya (3)
 Menyuruh semua anak berdiri dan membereskan tempat duduk (bangku dan meja) tepat di tengah-tengah ruang kelas (2)
 Menyuruh anak berdiri memanjang dan berhadapan sesuai dengan kelompok masing-masing sambil memegang kertas dengan ketentuan kelompok 1, 2, dan 3 di bagian depan ruang kelas, sedangkan kelompok 4, 5 dan 6 di bagian belakang ruang kelas. Secara berhadapan dibatasi bangku dan kursi sebagaii berikut: (2)
Kelompok 1 berhadapan dengan Kelompok 4
Kelompok 2 berhadapan dengan Kelompok 5
Kelompok 3 berhadapan dengan Kelompok 6
 Setelah mereka berbaris rapi sesuai dengan kelompok masing-masing dan telah berhadapan guru memerintahkan untuk meremas kertas pertanyaan yang dipegang tersebut membentuk sebuah bola kecil (1)
 Sesuai dengan aba-aba guru lalu bola dilemparkan ke temannya dimulai dengan Kelompok 1 saling lempar dengan kelompok 4, begitu seterusnya karena lokasinya tidak terlalu luas (1)
 Masing-masing anak berebut dan mengambil bola lemparan tadi (1)
 Setelah mendapat satu bola mereka berkumpul kembali di tempat semula sesuai dengan kelompoknya (1)
 Kemudian menjawab pertanyaan dalam kertas tersebut dengan teliti, tepat dan cepat dengan cara saling bertanya satu sama lain dalam kelompok (5)
 Setelah selesai semua anggota menjawab pertanyaan yang didapat, selanjutnya pertanyaan dan jawaban tersebut ditulis dalam selembar kertas kosong oleh sekretaris kelompok (5)
 Guru membimbing menemukan jawaban dan cara menulis kembali pertanyaan di kertas (2)
 Guru menyiapkan gulungan kertas yang berisi satu tulisan maju dan menyuruh Ketua Kelompok ke depan untuk memilih gulungan kertas itu (1)
 Ketua yang mendapat tulisan maju berarti kelompoknya akan membacakan hasil diskusi dan jawaban dari beberapa pertanyaan temannya (2)
 Pada kesempatan ini kelompok yang maju adalah kelompok 6 yang kemudian maju dan membacakan hasil kerja kelompoknya (10)
 Setelah mereka membacakan hasil kerja kelompoknya dilanjutkan dengan mempersilahkan kelompok lain untuk bertanya dan menanggapi apa yang telah dibaca (2)
 Dari apa yang telah dibacakan khusus untuk pertanyaan nomor 3 mmengenai dimana kegiatan unjuk rasa dapat dilakukan? banyak siswa yang menanyakan kembali dan tidak sependapat dengan jawaban kelompok 6 (5)
 Sembari kelompok lain bertanya dan menanggapi, guru mencatat nama anak yang bertanya dan menjawab tersebut (2)
 Guru menengahi dan memberi klarifikasi atas kesalahpahaman dan debat kusir yang terjadi berupa unjuk rasa dapat dilakukan di tempat terbuka dengan mendapatkan izin dari pihak keamanan seblumnya (3)
 Kelompok 6 ini kembali lagi ke tempat duduknya masing-masing (1)
 Selanjutnya, guru bertanya bagaimana dengan pelaksanaan pembelajaran yang baru saja dilakukan bersama? (2)
 Setelah itu, guru bersama siswa menyimpulkan materi yang dipelajari dengan cara mempersilahkan siapa yang bisa membuat kesimpulan dari pembelajaran pertemuan ini (5)
 Sebelum menutup pelajaran guru terlebih dahulu memberi motivasi dan semangat belajar kepada siswa untuk belajar kembali di rumah serta belajar yang giat untuk menghadapi Ujian Sekolah, semoga sukses!!! (2)
 Guru menugaskan siswa membaca dan mengulang kembali materi yang sudah dipelajari (2)
 Terakhir, guru menutup pelajaran dan mengucap salam (1)
 SELESAI

Tidak ada komentar: