TAHAPAN DALAM PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Oleh : Husnil Kirom (20082013001)
Sebagai berikut :
Rincian pelaksanaan kegiatan pembelajaran Snowball Throwing di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Indralaya Utara secara lengkap sebagai berikut:
Perkenalan dan absensi (3)
Apersepsi berupa tanya jawab materi (2)
Penjelasan singkat materi yang akan dipelajari berupa pengayaan (2)
Mempersilahkan bertanya kepada semua siswa (1)
Membagi kelas menjadi 6 kelompok belajar dengan ketentuan bahwa kelompok 1, 4, 6 beranggotakan 6 orang, sedangkan kelompok 2, 3, 5 beranggotakan 5 orang (jumlah siswa keseluruhan adalah 33 orang) (2)
Menentukan ketua kelompok masing-masing dan menyuruh duduk dalam segi empat sesuai dengan kelompoknya (2)
Memanggil ketua kelompok masing-masing (1)
Ketua Kelompok 1 : Aris Munandar
Ketua Kelompok 2 : Hamzal Adi Putra
Ketua Kelompok 3 : M. Gio Sefi Ardiansyah
Ketua Kelompok 4 : Medy Dwi Saputra
Ketua Kelompok 5 : Rindianno
Ketua Kelompok 6 : Sumiyati
Menjelaskan materi yang akan didiskusikan dalam kelompok kepada Ketua Kelompok masing-masing. Adapun materinya tentang:
C. Bentuk-bentuk menyampaikan pendapat di muka umum (3)
D. Tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar (2)
Masing-masing ketua tadi kembali ke kelompoknya dan menjelaskan ulang materi yang telah diperoleh dari guru (5)
Berikutnya, guru membagikan kertas kerja yang harus diisi di kanan atas tentang kelompoknya, nama, satu buah pertanyaan untuk kelompok lain (1)
Mempersilahkan semua siswa dalam kelompok membuat satu pertanyaan untuk anggota kelompok lain yang akan dilempar nantinya (3)
Menyuruh semua anak berdiri dan membereskan tempat duduk (bangku dan meja) tepat di tengah-tengah ruang kelas (2)
Menyuruh anak berdiri memanjang dan berhadapan sesuai dengan kelompok masing-masing sambil memegang kertas dengan ketentuan kelompok 1, 2, dan 3 di bagian depan ruang kelas, sedangkan kelompok 4, 5 dan 6 di bagian belakang ruang kelas. Secara berhadapan dibatasi bangku dan kursi sebagaii berikut: (2)
Kelompok 1 berhadapan dengan Kelompok 4
Kelompok 2 berhadapan dengan Kelompok 5
Kelompok 3 berhadapan dengan Kelompok 6
Setelah mereka berbaris rapi sesuai dengan kelompok masing-masing dan telah berhadapan guru memerintahkan untuk meremas kertas pertanyaan yang dipegang tersebut membentuk sebuah bola kecil (1)
Sesuai dengan aba-aba guru lalu bola dilemparkan ke temannya dimulai dengan Kelompok 1 saling lempar dengan kelompok 4, begitu seterusnya karena lokasinya tidak terlalu luas (1)
Masing-masing anak berebut dan mengambil bola lemparan tadi (1)
Setelah mendapat satu bola mereka berkumpul kembali di tempat semula sesuai dengan kelompoknya (1)
Kemudian menjawab pertanyaan dalam kertas tersebut dengan teliti, tepat dan cepat dengan cara saling bertanya satu sama lain dalam kelompok (5)
Setelah selesai semua anggota menjawab pertanyaan yang didapat, selanjutnya pertanyaan dan jawaban tersebut ditulis dalam selembar kertas kosong oleh sekretaris kelompok (5)
Guru membimbing menemukan jawaban dan cara menulis kembali pertanyaan di kertas (2)
Guru menyiapkan gulungan kertas yang berisi satu tulisan maju dan menyuruh Ketua Kelompok ke depan untuk memilih gulungan kertas itu (1)
Ketua yang mendapat tulisan maju berarti kelompoknya akan membacakan hasil diskusi dan jawaban dari beberapa pertanyaan temannya (2)
Pada kesempatan ini kelompok yang maju adalah kelompok 6 yang kemudian maju dan membacakan hasil kerja kelompoknya (10)
Setelah mereka membacakan hasil kerja kelompoknya dilanjutkan dengan mempersilahkan kelompok lain untuk bertanya dan menanggapi apa yang telah dibaca (2)
Dari apa yang telah dibacakan khusus untuk pertanyaan nomor 3 mmengenai dimana kegiatan unjuk rasa dapat dilakukan? banyak siswa yang menanyakan kembali dan tidak sependapat dengan jawaban kelompok 6 (5)
Sembari kelompok lain bertanya dan menanggapi, guru mencatat nama anak yang bertanya dan menjawab tersebut (2)
Guru menengahi dan memberi klarifikasi atas kesalahpahaman dan debat kusir yang terjadi berupa unjuk rasa dapat dilakukan di tempat terbuka dengan mendapatkan izin dari pihak keamanan seblumnya (3)
Kelompok 6 ini kembali lagi ke tempat duduknya masing-masing (1)
Selanjutnya, guru bertanya bagaimana dengan pelaksanaan pembelajaran yang baru saja dilakukan bersama? (2)
Setelah itu, guru bersama siswa menyimpulkan materi yang dipelajari dengan cara mempersilahkan siapa yang bisa membuat kesimpulan dari pembelajaran pertemuan ini (5)
Sebelum menutup pelajaran guru terlebih dahulu memberi motivasi dan semangat belajar kepada siswa untuk belajar kembali di rumah serta belajar yang giat untuk menghadapi Ujian Sekolah, semoga sukses!!! (2)
Guru menugaskan siswa membaca dan mengulang kembali materi yang sudah dipelajari (2)
Terakhir, guru menutup pelajaran dan mengucap salam (1)
SELESAI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar