Rabu, 26 Januari 2011

LABORATORIUM IPS

Laboratorium IPS adalah wahana peningkatan mutu pembelajaran dalam mempersiapkan tenaga kependidikan IPS yang memiliki kompetensi dan profesional di bidang IPS. Laboratorium IPS dikembangkan berdasarkan kebutuhan dalam mendukung kompetensi dan profesional di bidang IPS. Laboratorium IPS dapat berupa laboratorium yang berada di dalam institusi IPS, seperti ruang, sumber belajar dengan segala sarana dan prasarana, identifikasi, penilaian/assessement, dan pemberian bantuan kepada praktisi, maupun laboratorium yang berada di luar institusi IPS, yaitu berupa institusi yang memberikan layanan pada pihak pengguna jasa dan menjadi mitra Jurusan Program Studi IPS (Diknas, 2004).
Dalam kurikulum sekolah, studi sekolah merupakan kajian sistematis dan terkoordinasi yang bersumber pada disiplin ilmu-ilmu sosial, antara lain Geografi, Sejarah, Ekonomi, Antrolopogi, Politik, Hukum, Sosiologi, Agama. Di dalamnya selayaknya pula berisikan Humaniora, Matematika, dan lingkungan alami yang relevan (NCSS).
Sehubungan dengan hal tersebut, sasaran IPS lebih diarahkan pada arti praktis dalam mencari alternatif pemecahan masalah yang dibahas, maka dengan pembelajaran IPS ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya untuk membuat keputusan yang rasional dan berdasarkan informasi yang cukup sebagai warga masyarakat yang baik dalam keanekaragaman budaya serta masyarakat demokratis dalam dunia yang bebas. Oleh karena itu, guru yang belajar tentang IPS, perlu mengetahui kondisi masyarakat nyata di lapangan. Kemudian menganalisis hasil lapangan di ruangan (laboratorium) untuk perkembangan berikutnya. Dengan demikian guru IPS dapat belajar IPS secara nyata, tidak hanya secara teoritis.
Dan seterusnya ...

Tidak ada komentar: