Minggu, 15 Februari 2009

Analisis SWOT dalam Pendidikan

Pentingnya Analisis SWOT dalam Pendidikan

ANALISIS SWOT
Dalam Pengelolaan dan pengembangan suatu aktifitas memerlukan suatu perencanaan strategis, yaitu suatu pola atau struktur sasaran yang saling mendukung dan melengkapi menuju ke arah tujuan yang menyeluruh. Sebagai persiapan perencanaan, agar dapat memilih dan menetapkan strategi dan sasaran sehingga tersusun program-program dan proyek-proyek yang efektif dan efisien maka diperlukan suatu analisis yang tajam dari para pegiat organisasi. Salah satu analisis yang cukup populer di kalangan pelaku organisasi adalah Analisis SWOT.
Istilah SWOTdari perkataan :
Strength (kekuatan)
Weakness (kelemahan)
Opportunities (kesempatan)
Threats (Ancaman)

Maksud dari analisis SWOT ini ialah untuk meneliti dan menentukan dalam hal manakah "lembaga":
Kuat (sehingga dapat dioptimalkan )
Lemah(sehingga dapat segera dibenahi)
Kesempatan-kesempatan di luar (untuk dimanfaatkan)
Ancaman-ancaman dari luar (untuk diantisipasi)
Tahap awal dalam menjalankan SWOT :
? Membaca/menginventarisir latar belakang
? Membaca situasi dan kondisi sekarang.
Komponennya:
? Internal organisasi
? Object/sasaran
? Lingkungan lokal
? Lingkungan regional
Secara mudah analisis SWOT bisa dikelompokkan dalam dua kategori:
Internal Lembaga yaitu menyangkut Strength dan Weakness
Pertimbangan analisa:
H Sarana dan Prasarana
H Kumpulan pendapat
H Komparasi dengan lembaga lain
H Hasil pengamatan sendiri
Obyek analisa :
8 Kemampuan memimpin
8 Jumlah dan kualitas anggota
8 Kerapian organisasi (Struktur, AD/ART, kebijakan-kebijakan)
8 Aturan kedisiplinan
Eksternal Lembaga, yaitu menyangkut Opportunities dan Threats
Pertimbangan analisis :
8 Pengalaman kita sendiri
8 Kumpulan pendapat
8 Komparasi dengan lembaga lain
8 Pendapat para ahli
Obyek analisa :
8 Personal atau lembaga yang tengah berkuasa
8 Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan
Kejadian-kejadian atau peristiwa penting yang pernah terjadi

Langkah-langkah SWOT :
i Identifikasi semua hal yang berkaitan dengan SWOT
i Tentukan Faktor penghambat dan faktor pendukung
i Tentukan alternatif-alternatif kegiatan
i Rumuskan tujuan dari masing-masing kegiatan
i Ambil keputusan yang paling prioritas

TP PPs Unsri Smstr Genap

MATAKULIAH SEMESTER II TA. 2008/2009
1. PENDIDIKAN KOMPARATIF (3 SKS)
2. TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (3 SKS)
3. PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN (3 SKS)
4. STATISTIK PENDIDIKAN (2 SKS)
5. PERENCANAAN PENDIDIKAN (3 SKS)
6. PENGEMBANGAN KURIKULUM (3 SKS)
7. KOMPUTER (0 SKS)